Boomee

Seberapa Pedaskah Mulutmu?

160318-boomee-bibir-pedas

Seberapa Pedaskah Mulutmu?

Sambala, sambala, bala sambalado…
Terasa pedas, terasa panas…

Seperti lirik lagu Ayu Ting Ting berjudul Sambalado di atas, omongan bersifat kritis bisa membuat orang sakit hati.

Memang, bersikap kritis itu bisa jadi baik. Tapi, mungkin tanpa sadar kita mengungkapkannya dengan kata-kata yang dirasa terlalu menyakitkan oleh orang yang mendengarnya. Alih-alih sadar dan memperbaiki diri, teman yang dikritik malah bersikap defensif dan menaruh dendam.

Yuk, kita cari tahu seberapa pedas sih omongan kita saat mengkritik orang lain. Jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dan temukan tingkat kepedasan mulutmu! Satu cabe, dua cabe, tiga cabe atau…




  1. 1. Apakah kamu pernah merasa sebal terhadap seseorang tanpa alasan tertentu?
    1. Iya
    2. Tidak
  2. 2. Kamu melihat posting atau komentar bernada SARA di timeline media sosial kamu. Apa reaksimu?
    1. Gak peduli, lanjut baca yang lain
    2. Balas berkomentar dengan kalimat-kalimat yang tak kalah panas
    3. Buat screen capture dan sebarkan ulang di grup sebelah
  3. 3. Rekan kerja memutar lagu dari speaker komputernya. Merasa terganggu, apa yang kamu lakukan?
    1. Pasang headset, putar lagu dari komputer sendiri
    2. Bilang kepadanya untuk memakai headset
    3. Bilang kepadanya bahwa selera musiknya jelek
  4. 4. Teman lama yang tak terlalu akrab menyapa kamu di messenger dan bilang kamu sekarang sombong. Balasan kamu?
    1. "Sombong? Siapa lo?"
    2. "Ah masa sih? Perasaan lo aja kali."
    3. Hanya balas dengan "hahaha"
    1. Tidak membalas
  5. 5. Di timeline Path muncul foto bayi yang diposting akun teman. Reaksi kamu?
    1. Langsung galau karena temanmu sudah banyak yang punya anak
    2. Acuhkan dan scroll ke bawah
    3. Beri komentar, "Wah lucu banget!"
    1. Beri Love, tapi tidak berkomentar
    2. Screencapture, kirim ke grup Whatsapp, dan beri komentar, "Ih kok anaknya dia pesek ya?"
  6. 6. Dari skor berikut (1=Sangat Jarang,10=Sangat Sering), seberapa sering kamu terlibat adu mulut?
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    1. 4
    2. 5
    3. 6
    1. 7
    2. 8
    3. 9
    1. 10
  7. 7. Saat jalan di mall bersama teman, kamu melihat orang yang berpenampilan nyeleneh. Komentar kamu?
    1. "Waduh ada hipster lepas dari peternakan"
    2. "Yang bener aja, masa pake baju kaya gitu?"
    3. Kasih kode ke teman untuk ikut melihat
    1. Tidak berkomentar, tapi memperhatikan dengan seksama
    2. Tidak berkomentar dan pura-pura tidak melihat
    3. Diam-diam foto candid, lalu posting di media sosial
  8. 8. Rekan kerja: "Bagus kan idenya?". Tapi menurut kamu idenya buruk. Jawaban kamu?
    1. Diam dan mengangguk perlahan
    2. "Bagus, cuma saya ada masukan begini…"
    3. "Sama sekali nggak. Itu ide yang buruk."
    1. "Baguuuuus, bisa hancur perusahaan!"
    2. "Kamu tuh padahal cakep tapi kok blo’on"
  9. 9. Jika orang lain bisa mendengar isi pikiran kamu, apakah menurutmu masih ada yang mau berteman dengan kamu?
    1. Ya iyalah
    2. Nggak hahahaha
  10. 10. Pilih produk sambal favorit kamu

Seberapa Pedaskah Mulutmu?

  1. Ternyata… Level pedas mulut kamu: 0
    Kamu sama sekali bukan orang yang bermulut pedas. Malah kamu termasuk orang yang polos. Pikiran negatif jarang hinggap di pikiranmu. Kamu bisa mengobrol dengan berbagai jenis orang tanpa membuat mereka tersinggung.
  2. Ternyata… Level pedas mulut kamu: 1
    Mulut kamu sedikit pedas. Memang sih kamu punya pikiran negatif, tapi itu cuma sesekali dan sangat jarang kamu luapkan, karena kamu berusaha untuk jadi orang yang menyenangkan.
  3. Ternyata… Level pedas mulut kamu: 5
    Kamu jarang menyindir orang lain, tapi sekali memberikan sindiran kalimatmu terasa begitu pedas. Ini karena kamu tahu waktu yang tepat untuk mengekspresikannya. Kamu gemar mengatakan apa isi kepala kamu, tapi selalu menyaringnya terlebih dahulu.
  4. Ternyata… Level pedas mulut kamu: 7
    Wah, mulut kamu lumayan pedas juga ya. Pikiran negatif sering hinggap di kepala kamu dan bisa keluar begitu saja. Walaupun kamu berusaha keras untuk menahannya, namun pada akhirnya ucapan pedas seringkali terselip keluar.
  5. Ternyata… Level pedas mulut kamu: 10
    Huh, hah… mulut kamu pedas banget! Semua omongan yang keluar dari mulut kamu merocos begitu saja dan bisa melukai perasaan orang lain. Dan ini menjadi karakter kamu. Justru kalo kamu berbicara yang manis, orang mengira kamu sedang ada maunya.
Share Hasil Quiz
Menurut kamu, artikel ini
  • 214
  • 24
  • 70
  • 12
  • 10
Bagikan artikel ini

Beri komentar

Please enter the CAPTCHA text

© Copyright 2016 - Boomee.
Jl. Kerinci 1 No. 2, Kebayoran Baru.
Jakarta Selatan 12120 - Indonesia
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE